Senin, 18 Oktober 2021
Cari
Senin, 18 Oktober 2021
Cari

Volume Pemasangan Bangunan Drainase di Desa Tambakrejo Menuai Pertanyaan

Sabtu, 25 September 2021 02:08
Penulis : Lintas Jombang

 

Lintasjombang.com – Proyek fisik bangunan dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 yang berada dilokasi Dusun Gedang, Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang patut dipertanyakan volume RAB dengan volume pelaksanaan.

Pasalnya, saat awak media Lintasjombang.com turun dan cek lokasi, Kamis (23/09/2021), didalam pelaksanaan ada dugaan bahwa dilokasi pekerjaan beberapa meter pasangan batu kali memanfaatkan pasangan lama.

Kuat dugaan, pada pelaksanaan dilapangan mengurangi volume pasangan batu kali yang ada di dalam RAB, yang sudah direncanakan atau dihitung volumenya sebelum pelaksanaan dimulai. 

Selain itu, kedalaman pasangan batu kali juga patut dipertanyakan. Sebab saat di cek, serta diukur oleh awak media yang dibantu oleh kepala tukang, kedalamannya pun hanya 1 meter dalam design gambar perencanaan 1,2 meter.

Zulfa, selaku kaur perencanaan saat dikonfirmasi awak media lintasjombang.com Jum’at (24/09/2021) menyampaikan, untuk gambar rencana dan RAB masih dibawa ketua TPK. Jadi, saya belum bisa menjelaskan secara teknis volumenya berapa dan saya agak lupa.

“Gambar dan RAB dipinjam oleh Ketua TPK Ana dan belum dikembalikan, jadi untuk saat ini saya tidak tau dan tidak bisa menjawab berapa kedalaman dan volume yang ditanyakan,”ucapnya. 

 

Terpisah, Sabtu, (25/09/2021) Ketua TPK, Ana saat dikonfirmasi melalui via pesan WhatsApp (WA) pada Sabtu, (25/09/2021) menjelaskan, pihaknya siap untuk dilakukan pengecekan dilokasi titik pengerjaan.

“Untuk kedalaman bisa di cek dan untuk sample minimal lebih dari satu titik. Kalau volume sudah tercantum di papan nama pekerjaan, yaitu panjang 82,5 m’ x dua sisi,”jelas Ana, dengan pesan singkatnya.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada kejelasan dan tindak lanjut dari Pemdes Tambakrejo, Kecamatan Jombang, terkait kejanggalan dan beberapa temuan yang diduga tidak sesuai itu. (hk/dd)

Tags :

BERITA TERKAIT