Senin, 18 Oktober 2021
Cari
Senin, 18 Oktober 2021
Cari

Pembangunan Saluran Irigasi Desa Sidokerto Disinyalir Tidak Sesuai Bestek.

Kamis, 9 September 2021 10:50
Penulis : Lintas Jombang

 

Lintasjombang.com – Paket pekerjaan bangunan irigasi yang dikerjakan oleh TPK Pemerintah Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, disinyalir pengerjaannya tidak sesuai dengan bestek.

Sebab didalam perencanaan, serta papan kegiatan proyek menyebutkan, bahwa panjang saluran yg direncanakan yaitu 34mx1,3m, tetapi dilokasi pekerjaan hanya sepanjang 27mx1m, yg panjang 7m cuma saluran lama diperbaiki saja.

Selain panjang saluran yang tidak sesuai dengan bestek perencanaan, kedalaman pondasi saluran patut juga dipertanyakan?

Pasalnya, saat awak media Lintasjombang.com meninjau langsung ke lokasi, serta mengukur kedalaman saluran tersebut hanya sedalam 1 meter, tetapi didalam gambar perencanaan dalamnya saluran yaitu 1,3 meter.

Selain panjang dan kedalaman tidak sesuai bestek, pengadukan pembuatan spesi untuk campuran pasangan batu kali tanpa acuan perbandingan takaran. Padahal didalam RAB (Rencana Anggaran Biaya) menyebutkan, bahwa item pasang batu kali ada perbandingan campuran spesi. 

 

Sunarto, mantan Ketua RT. 02 saat dikonfirmasi dilokasi pekerjaan mengatakan, proses pengerjaan saluran irigasi itu tidak sesuai dengan RAB.

“Pekerjaan saluran tersebut sudah selesai sebulan yang lalu, untuk pekerjaan pasang batu kali baru hanya sisi barat saluran. Sedangkan untuk sisi timur saluran lama, yang diperbaiki hanya plesteran atasnya saja,”kata Sunarto pada media.

Saat awak media mencoba konfirmasi ke Pemdes Sidokerto, tetapi tidak bisa menemui Kades, karena pihaknya lagi Zoom Meeting di Kecamatan Mojowarno.

Proyek pekerjaan saluran irigasi yang dikerjakan TPK pelaksana desa sidokerto tersebut bersumber dari DD (Dana Desa) tahun anggaran 2021, dengan nilai Rp. 16.667.800 (Enam Belas Juta Enam Ratus Enam Puluh Tujuh Ribu Delapan Ratus Rupiah).

Pekerjaan saluran irigasi tersebut layak dipertanyakan, mulai dari mutu pekerjaan, volume pelaksanaan dengan volume RAB, serta panjang yang direncanakan dengan panjang yang sudah dikerjakan. (Hendrik/Dhodok).

Tags : ,

BERITA TERKAIT