Senin, 18 Oktober 2021
Cari
Senin, 18 Oktober 2021
Cari

Pembangunan PJU di Dusun Jetak, Desa Sidokerto Diduga Tabrak Aturan Perbup

Kamis, 9 September 2021 11:00
Penulis : Lintas Jombang

 

Lintasjombang.com – Paket pekerjaan pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dusun Jetak, Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno, perlu dikoreksi antara pelaksanaan dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya) yang sudah dibuat.

Di dalam aturan Perbup. Nomer 1 tahun 2021 tanggal 13 Januari berbunyi, anggaran untuk PJU dilingkungan desa sebesar Rp. 4.000.000 (Empat Juta Rupiah) dengan kategori jalan lingkungan asset desa.

Dengan spesifikasi pekerjaan, dialokasikan untuk lampu LED dengan kapasitas 20 Watt. Sedangkan untuk tiang besi galvanis panjang 6 meter, kabel panjang 35 meter, pasir dan semen untuk pondasi, termasuk biaya pemasangan.

Pada pekerjaan pemasangan PJU yang ada di Dusun Jetak Desa Sidokerto mencapai 14 titik, dengan besar anggaran yang dikucurkan senilai Rp. 100.100.000 (Seratus Juta Seratus Ribu Rupiah) dan sudah masuk pajak didalamnya.

Besar anggaran tersebut diatas, setelah dipotong pajak dan dibagi menjadi 14 titik pekerjaan PJU. Per unit jatuh pada nominal Rp. 6.400.000 (Enam Juta Empat Ratus Ribu Rupiah). 

 

Kuat dugaan, bahwa perencanaan yang dibuat tidak mengacu pada peraturan dan sudah tabrak Perbup Momor 1 tahun 2021, yang sudah dibuat untuk pengadaan PJU dilingkungan desa.

Selain sudah tabrak aturan, dalam pengerjaan juga patut dipertanyakan, untuk pekerjaan tiang besi galvanis adalah tidak ada finishing pengecatan, serta plat plendes tebalnya juga tidak sesuai perencanaan yang tertuang.

Selain itu, pada semua titik pekerjaan pemasangan PJU untuk item pemasangan mur (baut) konstruksi tiang, sudah terlihat berkarat. Padahal pekerjaan baru beberapa bulan selesai.

Abdul Muis, kaur perencanaan saat dimintai keterangan media Lintasjombang.com, enggan memberikan komentar dan ia sengaja pilih diam untuk semua pekerjaan fisik yang ada dilingkup pemdes sidokerto.

Dalam hal ini, pekerjaan pemasangan PJU yang sudah dilaksanakan TPK desa sidokerto menjadi tanda tanya besar. Baik dari proses pengerjaan, serta material yang dipakai dan perencanaan harga satuan juga layak disoroti. (Hendrik / Dhodok)

Tags : ,

BERITA TERKAIT