Senin, 18 Oktober 2021
Cari
Senin, 18 Oktober 2021
Cari

Pekerjaan Pavingisasi Desa Pandanwangi Diwek Tabrak UU Keterbukaan Informasi Publik.

Sabtu, 18 September 2021 12:51
Penulis : Lintas Jombang

 

Lintasjombang.com – Sungguh ironis pekerjaan pavingisasi yang berada di Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, proyek yang menggunakan uang rakyat atau uang negara namun tidak ada transparansi pada publik.

Jadi masyarakat atau warga tidak bisa ikut mengawasi pelaksanaan yang dikerjakan dengan anggaran yang dialokasikan untuk pekerjaan pavingisasi tersebut.

Sementara dalam Undang – Undang ( UU ) keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 tahun 2008, mengatur bahwa setiap proyek yang menggunakan uang rakyat / uang negara harus ada azas keterbukaan terhadap publik.

Namun realitasi dilapangan, bahwa tidak semua UU keterbukaan informasi publik dijalankan oleh pemangku kekuasaan di Desa, contohnya Desa Pandanwangi. 

 

Dari pantauan awak media Lintasjombang.com, dilokasi pekerjaan pavingisasi desa Pandanwangi tidak nampak papan kegiatan proyek. Jadi masyarakat / warga setempat tidak bisa ikut mengawasi antara pekerjaan realisasi lapangan dengan biaya yang dianggarkan untuk pekerjaan paving tersebut dan berakibat timbul kecurigaan dimata masyarakat.

Pada Kamis (16/09/2021) awak media Lintasjombang.com mencoba mendatangi ke kantor Desa Pandanwangi, tetapi tidak ada satu pun kepala desa, serta perangkat desa yang bisa dimintai keterangan dan sengaja menghindar dari awak media.

Aksan, Kepala Desa Pandanwangi saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp (WA), tetap tidak ada penjelasan atau jawaban sama sekali.

Sekedar diketahui, proyek pekerjaan pavingisasi di Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, masih menjadi misterius tentang Anggaran Biaya dan rencana pekerjaan yang dilaksanakan. Hingga berita ini diterbitkan, sampai saat ini belum ada kejelasan, serta titik terang dari Pihak Desa terkait. (hendrik/dhodok).

Tags :

BERITA TERKAIT