Senin, 18 Oktober 2021
Cari
Senin, 18 Oktober 2021
Cari

Fisik Gedung Posyandu Desa Sidokerto Mojowarno Patut Dipertanyakan, Ini Sebabnya?

Kamis, 9 September 2021 10:55
Penulis : Lintas Jombang

 

Lintasjombang.com – Bangunan Gedung Posyandu di Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno patut dipertanyakan, karena bangunan yang baru saja beberapa bulan lalu selesai dikerjakan, terdapat salah satu item pekerjaan yan mulai rusak.

Pada pekerjaan kayu yang meliputi pasang kusen pintu, kusen jendela, daun pintu dan daun jendela sudah mulai menunjukkan tingkat kerusakannya.

Saat terpantau Media Lintasjombang.com, daun pintu depan berbahan dasar dari kayu yang masih basah dan belum kering, tampak terlihat bahwa daun pintu mulai menyusut dan menyebabkan daun pintu tersebut ada celah rongga.

Sementara daun pintu sebelah samping Utara bangunan, juga mulai ada rongga dari sambungan papan kayu, serta finishing cat kayupun sudah terlihat mengelupas. 

 

Kuat dugaan, bahwa mutu dan kualitas kayu yang dipakai adalah mutu dan kualitas kayu jelek, serta tidak sesuai dengan spek yang ada didalam item RAB (Rencana Anggaran Biaya).

Selain kualitas kayu yang tidak sesuai, tembok bangunan juga terlihat sebatas finishing plamir tembok dan tidak terlihat cat tembok dilaksanakan dalam pengerjaan.

Kaur perencanaan, Abdul Muis saat dimintai keterangan terkait perencanaan bangunan gedung posyandu, ia enggan memberikan penjelasan dan sengaja diam.

Pembangunan gedung posyandu yang terletak di Dusun Jetak, RT.03 / RW.05, Desa Sidokerto, yang bersumber dari DD (Dana Desa) tahun anggaran 2021 itu, nilai pekerjaan Rp. 58.737.000 (Lima Puluh Delapan Juta Tujuh Ratus Tiga Puluh Tujuh Ribu Rupiah).

Gedung posyandu dengan ukuran 9×2,5 meter yang dikerjakan oleh TPK Desa Sidokerto, itu dalam volume pekerjaan item dalam RAB dan kualitas bahan material kayu perlu ditindak lanjuti. (Hendrik / Dhodok).

Tags : ,

BERITA TERKAIT